CARA MENAMBAH DAN MEMPERCEPAT RAM DI SMARTPHONE ANDROID+TUTORIAL




Ponsel android nampaknya saat ini bukanlah menjadi barang yang mewah lagi, sudah banyak orang yang memilikinya karena seperti yang kita tau dari tahun ketahun produsen ponsel didunia semakin banyak yang menyebabkan harga ponsel semakin turun dan dapat dijangkau bagi kalangan menengah kebawah. Banyak keunikan dan keunggulan yang diberikan oleh OS android dari pada OS yang lainya salah satunya harga yang terjangkau serta menyediakan berbagai aplikasi menarik dan lengkap yang bisa di unduh oleh para pemakainya secara gratis maupun berbayar. Namun meski bayak aplikasi gratis yang diberikan, jangan sampai anda terlalu banyak memasang aplikasi-aplikasi tersebut pada ponsel android anda, karena percaya atau nggak percaya hal tersebut dapat memperlambat atau memberatkan kinerja android anda. Jadi install saja beberapa apliksai yang kiranya anda perlukan dan sebelum mendownload aplikasi baru lebih baik dicek dulu berapa kapasitas memori Ram yang tersedia di ponsel anda. Nah pada postingan ini saya akan membahas hal tersebut, karena memang belakangan ini banyak para pengguna android yang mengeluhkan kinerja android mereka yang mulai menurun gara-gara terlalu banyak menginstall aplikasi. Jika anda ingin android anda berjalan normal kembali kembali seperti biasanya maka hal yang harus dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi yang kiranya banyak menguras memori Ram, namun jika anda memang memerlukan semua aplikasi-aplikasi tersebut ada jalan lain untuk mempercepat kinerja android anda dengan cara menambah ram agar aplikasi-aplikasi yang sudah anda install tadi tidak tidak mengganggu kinerja ponsel anda dan untuk melakukan hal tersebut anda bisa mencoba tutorial dibawah ini 
Lalu bagaimana caranya agar RAM pada android bertambah?, untuk menjawab persoalan ini mungkin tutorial berikut ini tentang cara menambah/ mengupgrade RAM Android dapat menjadi bahan referensi yang cocok untuk anda coba, selamat membaca:







1. Aplikasi Swapper


Penting diketahui bahwa kita tidak dapat mengganti komponen RAM pada android sebagaimana kita mengganti RAM pada komputer seperti umumnya, Salah satu cara untuk menambah kapasitas RAM Android adalah dengan menggunakan Memory Virtual. Prisip kerja memory virtual ini sama saja dengan Memory Virtual pada PC desktop/ laptop, dimana kita bisa menggunakan beberapa space pada memori eksternal untuk digunakan sebagai space tambahan RAM. untuk tutorialnya, silahkan ikuti langkah dibawah ini;
1. Download dan Instal Aplikasi Swapper (bisa diunduh di Play Store)
2. Instaall/ jalankan Swapper yang baru didownload
3. Pilih opsi Active Swap on Boot.
4. Pada bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
5. Sedangkan pada bagian Swap File Size, masukkan kapasitas (space) memory yang anda gunakan, misalnya saja 1024 MB.
6. Setelah semua dianggap benar silahkan simpan konfigurasi tersebut lalu reboot ponsel anda.
Catatan: Tidak semua jenis Android mendukung Aplikasi Swapper ini. Ada beberapa jenis device yang tidak support bahkan dapat berakibat device menjadi brick. Jadi pastikan terlebih dahulu smartphone anda mendukung aplikasi Swapper atau tidak.






2. Juwe RAM Script
















Jika aplikasi Swapper diatas masih dianggap kurang dalam meningkatkan kapasitas RAM smartphone anda, mungkin anda juga dapat menggunakan tips yang lainnya, yaitu dengan menggunakan “Juwe RAM Script”. tapi sebelum anda menginstall script ini pastikan bahwa ponsel anda telah memiliki folder init.D. Jika belum silahkan install terlebih dahulu dengan cara:
- Download aplikasi Universal Init.d Support
    - Install/ jalankan aplikasi tersebut
    - Kemudian klik tombol Activate lalu Verify
    - Terakhir restart ponsel anda.
Nah, Setelah folder Init.D terinstall, sekarang saatnya anda memasukkan script “Juwe RAM Script” untuk meningkatkan kapasitas RAM ponsel, caranya sebagai berikut:
1. Siapkan dulu file “Juwe RAM Script“. (unduh disini atau anda dapat mencari sendiri di internet)
2. Ekstrak file tersebut lalu Copy-kan file tersebut ke folder init.D pada folder System/etc.
4. Ganti permissionnya menjadi rwxr-xr-x.
5. Reboot (restart) device Android anda
6. Trata.., jika semua langkah diatas telah dilakukan dengan benar, seharusnya perangkat Anda bisa bekerja dengan lebih cepat. untuk mencobanya anda dapat mencoba memainkan file-file berat seperti game HD dan sebaginya.
Catatan: Tidak semua perangkat android mendukung penggunaan script RAM ini, pastikan saat memasukkan script, script tersebut berada pada folder yang benar.

3.INSTAL SD-BOOSTER


Dengan aplikasi SD Booster ini, menjalankan aplikasi, memainkan game, menata file bisa dilakukan dengan lebih cepat. Untuk itu download dan instal aplikasi SD Booster ini, dan lakukan konfigurasi singkat di bawah ini:
  • Isikan nilai di kolom Cache Size,misalnya saja, 2048. Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.
  • Jika sudah aktifkan pilih Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.




4. MENGGUNAKAN RAM MANAGER kalo bisa sih yang PRO

1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menambah memori ram anda adalah menginstall terlebih dahulu RAM Manager Pro v5.3.4 Apk Via GoogleDrive (gratis), atau anda dapat mendownloadnya diplaystore dengan harga sekitar USD 3.98.
2. Setelah anda install aplikasi tersebut kemudia buka dan jika ada permintaan Superuser pilih Allow.
3. Centang Set On Boot, selanjutnya pilih Swap File, maksimal 256 MB virtual RAM yang bisa ditambahkan.


Proses membuat file swap mukin akan sedikit lama, prose ini mungkin memakan waktu sekitar 3 sampai 5 menit. Jika semua proses dirasa sudah selesai coba periksa pada File Manager Anda di sdcard atau rammanager, jika terdapat file bernama "swapfile" berarti Anda telah berhasil menambahkan Virtual RAM pada perangkat Android Anda.

Tips Untuk Mempercepat Kinerja Android anda
1. Hapus aplikasi yang kiranya tidak anda butuhkan dan hanya gunakan aplikasi yang menurut penting saja.
2. Matikan Auto update aplikasi,.
3. hapus animasi atau walpaper live.
4. Pindahkan aplikasi yang sudah anda install ke SD agar tidak mengganggu kinerja android anda.
5. Tutup Aplikasi yang berjalan pada background.


Nah, semoga bermanfaat dan mudah dipahami sehingga dapat pula anda praktekkan sendiri. Sekian Terimaksih.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Cra dapetin ram manager pro nya gimana??..